Bidang minat : Intelligent Bussiness System

Dosen pembimbing :

  • Rully Soelaiman, S.Kom., M.Kom.
  • Darlis Herumurti, S.Kom.

Abstrak :

Segmentasi citra merupakan salah satu bagian penting dari pemrosesan citra, yang bertujuan untuk membagi citra menjadi beberapa region yang homogen berdasarkan kriteria kemiripan tertentu. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk segmentasi citra berwarna adalah algoritma JSEG.

Algoritma JSEG terdiri dari dua tahap, yaitu kuantisasi warna dan segmentasi spasial. Pada tahap kuantisasi warna, warna-warna pada citra dikuantisasi menjadi kelas-kelas yang dapat digunakan untuk membedakan region-region dalam citra. Selanjutnya, warna piksel citra diganti dengan label class warna yang bersesuaian sehingga membentuk class-map dari citra.

Pada tahap segmentasi spasial, dilakukan perhitungan ukuran segmentasi yang “baik” berdasarkan class-map yang telah terbentuk. Penerapan ukuran segmentasi ke window lokal dalam class-map menghasilkan “J-image”, yang mana nilai tinggi dan nilai rendah berturut-turut bersesuaian dengan boundary region yang memungkinkan dan pusat region. Selanjutnya, metode region growing digunakan untuk mensegmentasi citra berdasarkan J-image multiskala.

Percobaan-percobaan membuktikan bahwa JSEG menghasilkan segmentasi citra yang baik pada berbagai macam citra.

Kata kunci : segmentasi citra berwarna, JSEG

Paper : download

Screenshot program :

Screenshot Tugas Akhir

Screenshot TA

Screenshot TA

Hasil :

Citra input – Citra hasil kuantitasi warna – Citra Region Map – Citra hasil JSEG

Screenshot Hasil TA

Catatan :

  • Hasil dapat berbeda-beda tergantung pada nilai parameter (threshold untuk kuantisasi warna, jumlah skala, dan threshold untuk region merging)
Advertisements