Menang, Rossi Jaga Peluang

By : Andi Abdullah Sururi, detikSport

Estoril – Valentino Rossi berhasil menjaga peluangnya dan belum menyerahkan gelar juara kepada Casey Stoner. Ia berhasil memenangi Moto GP Portugal setelah berduel seru dengan Dani Pedrosa.

Rossi harus berjuang keras untuk meraih kemenangan keempatnya di musim ini, setelah terus berada di bawah dominasi Stoner, yang jumlah kemenangannya di musim ini sudah dua kali lipat dibanding Rossi.

Pembalap Italia dari tim Fiat Yamaha itu juga menyuguhkan salah satu performa terbaiknya di musim ini, terutama saat bertarung ketat dengan Pedrosa sejak pertengahan lomba di sirkuit Estoril, Minggu (16/9/2007).

Keduanya beberapa kali saling mendahului, tapi Rossi mengamankannya hanya di dua lap terakhir. Setelah menyentuh garis finish ia berdiri di atas motornya yang masih melaju kencang dan berkacak pinggang.

Dengan kemenangan di seri ke-14 ini Rossi menghambat Stoner untuk segera meraih titel juara. Tadi, jika Stoner menang dan Rossi tidak memperoleh poin, maka Stoner dipastikan keluar sebagai kampiun.

Jalannya Balapan

Stoner start dengan amat baik, sedangkan Hayden, yang memegang pole, buruk. Ia sedikit melebar di tikungan pertama dan Stoner berhasil merebut posisi pertama, diikuti Dani Pedrosa.

Rossi sempat susul-menyusul dengan Marco Melandri, tapi di akhir lap pertama ia mulai tampak aman dari kejaran kompatriot Italia-nya itu. John Hopkins mengekor di urutan keenam, lalu Toni Elias.

Di lap ketiga Rossi berhasil menyalip Hayden di sebuah tikungan. Tak lama kemudian Hayden juga ditelikung Melandri. Beruntung Hayden mampu mengalahkan Melandri lagi di trek lurus di akhir lap tersebut.

Terjadi pertarungan seru di antara Hayden dan Melandri, bahkan keduanya sempat nyaris bersentuhan saat silang posisi di chicane.

Sementara itu Pedrosa secara brilian berhasil mempecundangi Stoner dan Ducati-nya di trek lurus di lap ketujuh. Pembalap Spanyol itupun mulai memimpin lomba, sedangkan merapat di posisi ketiga, dan mereka membentuk grup di depan.

Performa Rossi makin membaik setelah ia mampu menyalip Stoner di lap kedelapan. Ia mengambil dari sebelah kanan luar di tikungan pertama, mengandalkan kehebatannya dalam mengerem.

Kini Pedrosa dalam tekanan Rossi. Di lap 10 The Doctor mampu mengalahkan rivalnya itu, dan itu berarti dalam dua lap ia mampu naik dua posisi.

Pedrosa berhasil merebut kembali posisi terdepan di lap 15, mengambil Rossi dari trek lurus. Sementara itu Stoner mulai menjauh dari keduanya, bahkan sedikit demi sedikit didekati Hayden yang masih berada di tempat keempat.

Di belakang pembalap Kawasaki Randy de Puniet meluapkan ekspresi kecewa di atas motor hijaunya setelah mesinnya jebol dan langsung mengepulkan asap. Ia pun harus out, menjadi pembalap ketiga setelah Kurtis Robert dan Alex Hoffmann di lap-lap awal.

Di lap 23, kesalahan Pedrosa harus dibayarnya dengan mahal. Ia melebar di tikungan dan Rossi mengambil momen tersebut untuk menyalipnya. Namun kesalahan serupa dilakukan Rossi tak lama kemudian. Pedrosa pun memimpin lagi.

Di belakang, Makoto Tamada terjatuh dan meluncur ke gravel bersama motor Yamaha kuningnya.

Di lap ke-26, setelah berkali-kali mencoba menaklukkan Pedrosa di trek lurus, Rossi akhirnya berhasil. Namun pas menikung ia kurang mengerem sehingga sedikit melebar dan diambil lagi oleh Pedrosa.

Pertarungan masih berlanjut. Pedrosa agak goyah dan sedikit kehilangan keseimbangan motornya. Di situlah Rossi menyalipnya lagi dan kali itu mampu mempertahankannya sampai akhir balapan.

Stoner menambah 16 poin dengan finis di tempat ketiga, dan masih unggul 76 poin dari Rossi dengan empat seri tersisa.

Hasil Moto GP Portugal :

  1. Valentino Rossi Yamaha 45:49.911
  2. Daniel Pedrosa Honda 0.175
  3. Casey Stoner Ducati 1.477
  4. Nicky Hayden Honda 12.951
  5. Marco Melandri Honda 17.343
  6. John Hopkins Suzuki 18.857
  7. Carlos Checa Honda 31.524
  8. Toni El