Rossi Dedikasikan Kemenangan untuk McRae

By : Reky Herling Kalumata, detikSport

Estoril – Kemenangan Valentino Rossi di Moto GP Portugal didedikasikan untuk Colin McRae. Pembalap Yamaha ini mengungkapkan bahwa McRae merupakan idolanya sejak kecil.

Kabar duka sedang menyelimuti dunia motor sport menyusul tewasnya mantan juara dunia reli itu karena kecelakaan helikopter. Rossi mendengar kabar duka tersebut sebelum tampil berlomba di Estoril, Minggu (16/9/2007).

Kemenangan akhirnya diraih pembalap Italia itu usai mengalahkan Dani Pedrosa dan juga Casey Stoner. “Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini kepadanya. Ini sangat-sangat penting,” ungkap Rossi seperti dilansir Autosport.

“Colin McRae sangat penting bagi saya. Dia salah satu idola terbesar saya ketika masih anak-anak. Saya selalu mengikutinya karena dia adalah Kevin Schwantz (legenda motor asal Amerika Serikat) di reli mobil,” kata pembalap tim Yamaha itu.

Selain berkarir di Moto GP, Rossi memang sudah lama tertarik pada dunia reli. Ia mengikuti Reli Monza, Sprint Reli Bologna dan kemudian Reli Inggris Raya 2002. November lalu Rossi juga tampil di Reli Selandia Baru dan finish di posisi ke-11.

“Dia memberikan saya banyak kesenangan untuk olahraga ini, selalu menunjukkan kehebatan, terkadang beberapa kesalahan, namun selalu sangat cepat. Kemarin dia tewas di helikopter, saya dedikasikan kemenangan ini untuk dia,” tukas Rossi.