Dikutip dari buku Gue Bukan Superman, Miriam Adderholdt, Ph.D. dan Jan Goldberg.

Baca pernyataan-pernyataan di bawah ini, lalu nilai sesuai skala berikut :

  • Setuju banget +2
  • Setuju +1
  • Ragu-ragu 0
  • Nggak setuju -1
  • Nggak setuju banget -2

Jawab sama apa yang terlintas pertama kali di pikiranmu biar bisa dapat jawaban yang meyakinkan.

  1. Aku biasanya kritis sama orang yang nggak bertindak sesuai harapanku.
  2. Aku jadi kesal kalau nggak bisa menyelesaikan apa yang sudah aku mulai.
  3. Kalau bikin sesuatu, aku harus benar-benar teliti sampai sedetil-detilnya.
  4. Aku memprotes nilai kuis yang menurutku seharusnya aku dapat lebih, padahal nggak bakalan ngaruh ke nilai akhirku.
  5. Sesudah tugasku kelar, aku sering merasa nggak puas.
  6. Aku merasa bersalah kalau nggak bisa mencapai apa-apa yang sudah kurencanakan.
  7. Kalau ada guru yang mengembalikan tugasku, aku langsung mencari letak kesalahan-kesalahanku, bukannya melihat apa yang sudah kukerjakan dengan benar.
  8. Aku membandingkan nilai ulanganku dengan murid-murid pintar lainnya di kelasku.
  9. Aku susah menertawakan kesalahanku sendiri.
  10. Kalau aku nggak suka sama caraku melakukan sesuatu, aku mulai lagi dari awal dan begitu terus sampai benar.

Pengukuran kreativitas :
Jumlahkan nilai-nilai dari soal di atas dan lihat hasilnya.

  • +15 sampai +20

Mustahiiil! Mungkin kamu membesar-besarkan masalah karena orang-orang selalu berharap kamu jadi sempurna.

  • +10 sampai +14

Terlalu maksain diri. Kamu berusaha terlalu keras… dan inilah saatnya kamu tanya pada diri sendiri alasannya.

  • +5 sampai +9

Garis batas perfeksionis. Kejadian tertentu bisa maksa kamu sampai keluar garis batas jadi perfeksionis, tapi biasanya nggak kelewat ekstrem.

  • +1 sampai +4

Pengejar prestasi yang sehat. Kamu menikmati melakukan segalanya dengan baik, tapi kamu bisa menghidupmatikan pengejaran prestasi kamu (dengan kata lain, kamu bisa mengendalikannya). Kamu mungkin memanfaatkan bakat dan kemampuan kamu ke berbagai bidang : akademik, pergaulan, kesehatan dan penampilan kamu, hobi, dan bermain.

  • 0 sampai -5

Kamu terbiasa rileks. Mungkin kamu sudah secara sadar berusaha biar nggak terlalu menuntut kesempurnaan atau mungkin kamu memang ngerti bagaimana buat rileks dan take it easy.

  • -6 sampai -10

Sedikit terlalu santai. Lagu favorit kamu adalah “Que Sera, Sera”(“Apa yang bakal terjadi, terjadilah”) dan aktivitas favoritmu adalah tidur-tiduran dan merasakan bumi berputar. Mungkin contohnya sedikit berlebihan sih, tapi memang ada hal-hal santai yang dilakukan dengan berlebihan.

  • -11 sampai -20

Hampir nggak bernapas. Dan mungkin ketenangan kamu itu berlebihan. Baca lagi dan kali ini jawab dengan jujur. Kamu kan nggak bisa cuek dengan segala sesuatu!

Kuis ini diadaptasi dari Some People Are Perfect… Or Try to Be!, Current Health Vol. 2, Januari 1978 (17-19)