Balapan Seru, Stoner Juara Dunia

By : Andi Abdullah Sururi, detikSport

Motegi Penggantian motor di tengah lomba menjadikan balapan MotoGP Jepang berlangsung penuh drama. Loris Capirossi tampil sebagai pemenang, Valentino Rossi sial besar, Casey Stoner pun menjadi juara dunia.

Capirossi yang start di urutan kedelapan menjadi pemenang berkat keputusannya mengganti motor di lap-lap awal. Penggantian motor memang harus dilakukan karena trek basah di awal lomba terus mengering dan para pembalap tidak mungkin mempertahankan ban untuk kondisi hujan.

Kondisi itu pula yang menyebabkan para pembalap top mengalami kegagalan meraih podium, termasuk Rossi. Meski sempat memimpin, ia malah terlempar ke barisan belakang justru setelah mengganti Yamaha-nya.

Nasib sial Rossi memberi jalan buat Stoner mengamankan titel juara dunia. Walaupun hanya finis di tempat keenam, tapi itu sudah cukup buat pembalap Australia dari tim Ducati tersebut buat merengkuh gelar pertamanya. Dengan sisa tiga seri, tidak mungkin Rossi mengejar ketinggalan 87 angkanya dari Stoner.

Jalannya Balapan

Walaupun hujan sudah berhenti di sesi balapan kelas 250cc, sirkuit Motegi masih cukup basah saat balapan MotoGP dimulai, Minggu (23/9/2007). Dani Pedrosa mengawali dengan brilian guna mempertahankan pole yang diraihnya di sesi kualifikasi.

Toni Elias pun melesak dari urutan kelima, sedangkan Rossi tampil buruk dan kehilangan enam posisi. Stoner melejit dari urutan kesembilan ke posisi keempat. Namun secara mengejutkan Anthony West berhasil mencuri posisi terdepan, menyalip Pedrosa di tikungan 11.

Akan tetapi West dinyatakan bersalah, mendahului aba-aba start. Akibatnya pembalap tim Kawasaki itu terkena penalti dan harus mampir ke pitlane. Insiden di lap keempat itu membuat Stoner memimpin lomba, diikuti Marco Melandri. Rossi tiba-tiba sudah di urutan ketiga mengalahkan Randy de Puniet, Kousuke Akiyoshi, dan Pedrosa.

Di lap yang sama Melandri berhasil menaklukkan Stoner di tikungan dan gantian memimpin. Di lap ketujuh Rossi tertinggal hampir lima detik dari Melandri, sementara Carlos Checa menjadi pembalap pertama yang mengganti motornya dengan yang berban slick.

Sejak itu para pembalap bergiliran menukar tunggangannya. Nicky Hayden, Elias, dan Capirossi melakukannya di lap kedelapan. Dengan trek yang terus mengering, ban basah hanya akan membuat ban tersebut menjadi cepat panas. Penggantian mau tak mau harus dilakukan.

Di lap 10 Rossi makin merapat, tinggal dua detik di belakang Melandri-Stoner. Di lap berikutnya ia bahkan berhasil mengalahkan Stoner. Setelah di Portugal minggu lalu, sepertinya Rossi mulai lebih mudah untuk meladeni Aussie berbendera Ducati itu. Bendera biru Yamaha pun berkibar di Motegi.

Sementara Stoner malah disalip pula oleh Pedrosa di lap 13, Rossi juga berhasil menyalip Melandri untuk memimpin lomba. Namun Melandri langsung memilih masuk pitstop untuk mengganti Honda-nya. Stoner mengikuti jejak Melandri. Dengan sisa 10 lap, keputusan tersebut amat bagus karena kini Rossi yang terancam.

Di lap 14 Rossi tak punya pilihan lain kecuali juga menukar motornya dengan ban kering. Namun ia begitu keluar garasi ia tak lagi berada di posisi terdepan karena sudah direbut Capirossi. Sementara Pedrosa mengalami nasib sial. Ia terjungkal di sebuah tikungan. Pembalap Spanyol dan motor Honda-nya terpelanting dan “parkir”di gravel.

Penggantian motor rupanya menjadi awal petaka buat Rossi. Ia tidak kelihatan nyaman dan YZR-M1-nya terlihat bermasalah.Ia bahkan sempat melakukan pengecekan sejenak di pitstop di lap 16, tapi performanya tak pernah kembali. Ia melebar pula ke gravel karena bannya slip, dan akhirnya terlempar ke barisan belakang.

Dengan sisa delapan lap Capirossi sudah berhasil memantapkan posisinya di urutan paling depan. Rekan setim Stoner itu pun tak tertahankan untuk mengukir hat-trick kemenangan di Motegi setelah 2005 dan 2006. De Puniet finis sebagai runner up, Elias di podium ketiga.

Stoner yang finis di urutan keenam di belakang Melandri dan Sylvain Guintoli sudah cukup untuk memastikan gelar juara dunia. Dengan 297 poin, Rossi takkan mungkin menyamai perolehan angkanya itu karena hanya punya 214 poin sedangkan balapan tersisa tiga kali lagi.

Kebetulan pada seri berikutnya Stoner akan bertanding di kampung halamannya. Ia akan tampil di depan publik Phillip Island sebagai juara dunia baru pada 14 Oktober.

Hasil Moto GP Jepang :

  1. Loris Capirossi Ducati (B) 47:05.483
  2. Randy de Puniet Kawasaki (B) + 10.853
  3. Toni Elias Honda (B) + 11.526
  4. Sylvain Guintoli Yamaha (D) + 12.192
  5. Marco Melandri Honda (B) + 28.569
  6. Casey Stoner Ducati (B) + 31.179
  7. Anthony West Kawasaki (B) + 50.001
  8. Alex Barros Ducati (B) + 52.343
  9. Nicky Hayden Honda (M) + 53.629
  10. John Hopkins Suzuki (B) + 59.715
  11. Chris Vermeulen Suzuki (B) +1:02.804
  12. Makoto Tamada Yamaha (D) +1:09.313
  13. Valentino Rossi Yamaha (M) +1:09.699
  14. Colin Edwards Yamaha (M) +1:11.735
  15. Shinichi Ito Ducati (B) +1:12.290
  16. Shinya Nakano Honda (M) +1:32.979
  17. Akira Yanagawa Kawasaki (B) + 1 lap
  18. Carlos Checa Honda (M) + 1 lap

Tidak finish :

  • Kousuke Akiyoshi Suzuki (B) lap 20
  • Daniel Pedrosa Honda (M) 14
  • Kurtis Roberts KR (M) 6