Rossi Uji Motor 2008

By : Doni Wahyudi, detikSport

Motegi Sehari setelah kegagalan di Moto GP Jepang, Fiat Yamaha langsung menggelar persiapan untuk musim depan. Motor baru untuk tahun 2008 pun diujicoba oleh Valentino Rossi.

Yamaha tak mau tenggelam terlalu lama meratapi kegagalan dua musim berturut-turut mengantarkan Rossi menjadi juara dunia. Di sirkuit Motegi Senin (24/9/2007) waktu setempat, Yamaha mengeluarkan prototipe motor yang akan mereka gunakan untuk musim 2008.

Diberitakan Motorcyclenews, Selasa (25/9/2007), tunggangan baru milik Yamaha memiliki sasis yang sepenuhnya baru juga lengan ayun dan body motor. Sepanjang Senin kemarin Rossi menguji coba dua motor dengan spesifiksi yang berbeda, namun kemudian diketahui kalau motor dengan katup pneumatic (air control) untuk musim 2008 masih dalam pengembangan dan belum termasuk yang diujicoba.

Yamaha yang tertinggal sangat jauh dibanding Ducati musim ini tampak serius mengembangkan motor untuk musim depan. Rossi juga sempat menguji coba dengan motor yang dipakainya musim ini.

“Kami memiliki dua sasis untuk diuji coba tahun depan. Kami menggunakan mesin yang sama dengan yang saya gunakan di balapan jadi saya bisa membuat perbandingan langsung dengan sasinya. Sasisnya tidak bermasalah, kami harus lebih memperhatikan mesin, itu masalah kami,” ungkap Rossi.

Dari 15 seri yang sudah digelar musim ini, Ducati mampu merebut sembilan gelar juara. Sementara Yamaha cuma kebagian empat. Untuk kali kedua secara beruntun, Rossi gagal merengkuh gelar juara dunia.